Minggu, 04 Agustus 2019



MAKANAN KHAS SURABAYA 

1. RUJAK CINGUR 
rujak cingur surabaya


Salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya . Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun  kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang , mangga muda, nanas, kedondong,  kemudian ditambah lontong, tahu, tempe , bendoyo, cingur,  serta sayuran seperti kecambah/ taoge, kangkung  dan kacang panjang .  Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah ,cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng , garam,  dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang kluthuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek.



2. TAHU TEK SURABAYA 
tahu tek khas surabaya
Salah satu masakan khas Kota Surabaya. Tahu tek terdiri atas tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil dengan alat gunting dan garpu untuk memegang tahu atau lontong, kentang goreng, sedikit taoge, dan irisan mentimun dipotong kecil-panjang (seperti acar), lalu setelah disiram dengan bumbu di atasnya, ditaburkan kerupuk udang  yang bentuknya kecil dengan diameter sekitar 3 cm.


3, SEMANGGI SUROBOYO 
pecel semanggi surabaya
Sejenis makanan khas Surabaya, Jawa Timur , dibuat dari daun semanggi  yang dikukus dan kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang nikmat. Semanggi juga dapat dihidangkan dengan kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras, serta bumbu yang terbuat dari ketela rambat. Saus atau bumbu yang digunakan dalam makanan semanggi memiliki bahan baku serta rasa yang berbeda.


4. LONTONG KUPANG
 lontong kupang surabaya
Nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan . Di daerah pesisir timur Jawa Timur, lontong kupang yang terkenal adalah Kupang Keraton. Nama Keraton ini diambil dari suatu nama daerah atau suatu nama kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sudah sejak lama penduduk daerah ini mencari dan berdagang kerang kupang. baik dijual mentah ataupun berupa kuliner ( lontong kupang ).


5. LONTONG BALAP
lontong balap surabaya
Makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang.]




6. NASI GORENG JANCUK
Nasi Goreng Jancuk

Jancuk merupakan salah satu kata umpatan yang biasa digunakan di daerah Surabaya. Dinamakan nasi goreng jancuk karena memiliki sensasi pedas yang luar biasa. Bagi Anda pecinta kuliner dengan rasa pedas, tidak ada salahnya mencoba makanan khas Surabaya yang satu ini. Dijamin anda pasti akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.


7. RAWON SETAN SURABAYA 
rawon setan khas surabaya

Cita rasa dengan bumbu kluwek yang khas ditambah dengan sensasi pedas tentunya akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi Anda, sehingga masalah-masalah yang Anda hadapi pun akan segera  cair dan bisa diselesaikan dengan baik. Tekstur dagingnya yang empuk semakin menambah kelezatan dalam menikmati rawon setan ini.

8. TAHU CAMPUR 
tahu campur khas surabaya
Tahu campur merupakan tahu dicampur dengan perkedel, daging sapi, tauge, selada dan juga singkong. Kuliner ini sangat enak dan akan sangat disayangkan jika Anda lewatkan begitu saja. Harganya juga sangat ramah di kantong jadi Anda tidak perlu khawatir kantong bolong setelahnya.
Jika Anda penasaran dan tertarik untuk mencobanya, salah satu warung makan yang menjajakan tahu campur sebagai sajian istimewanya adalah tahu campur yang berada di Jalan Kalasan No. 22 Tambak Sari. Disana bisa Anda temukan warung makan dengan tahu campur yang lezat.
9. BEBEK GORENG SINJAY 
Jika kamu ingin makan bebek yang khas, kunjungi tetangga Surabaya yaitu Madura, tepatnya di daerah Bangkalan yang kurang lebih satu jam dari pusat kota Surabaya. Di sini, kamu bisa menikmati beragam sajian bebek, mulai dari goreng hingga bakar. Karena menjadi jujukan utama wisatawan dari luar Madura, tidak jarang terlihat antrian panjang untuk bisa mendapatkan seporsi bebek goreng yangBN laziz. Menurut kamu, kuliner ini layak ga dimasukkan dalam daftar makanan khas Surabaya?


10. ES KRIM ZANGRANDI 
Kedai es krim Zangrandi sudah berdiri sejak 1930-an dan menawarkan sensasi desert yang istimewa. Jika kamu sudah mencoba semua kuliner di Surabaya, mungkin bisa menutup hari dengan mencoba es krim Zangrandi, yang tidak lekang oleh waktu dan rasa yang nikmat. Setiap varian olahan es krim juga membawa kamu bisa ke masa lalu. Dijamin menyenangkan dan nikmat, lho!

18 komentar:

  1. Saya numpang komen..artikel nya bikin lapar

    BalasHapus